WHAT'S NEW?
Loading...

Tetap Bersemangat - Ilustrasi Khotbah Kristen

Spare part atau suku cadang kendaraan bermotor memiliki jenis yang beragam. Meskipun banyak bagian yang hanya dipahami oleh para montir atau teknisi, namun beberapa di ataranya dikenal oleh orang awam, karena seringkali dilihat. Salah satu di antaranya adalah busi. Hampir semua orang mengerti benda ini. Busi adalah komponen yang berfungsi untuk memercikkan bunga api di dalam ruang bakar. Percikan bunga api ini dihasilkan dari tegangan tinggi antar electrode yang dibangkitkan oleh ignition coil. Temperatur di dalam ruang bakar dapat mencapai 2500 derajat Celsius dan tekanannya mencapai 50 kg/cm2. Bahan bakar yang dibakar dalam silinder adalah campura uap bensin dan udara yang tersedia dalam karburator. Campuran bahan bakar ini diledakkan oleh panas percikan api yang terjadi di antara electrode busi. Ledakan mendorong piston yang terhubung dengan poros engkol, dan selanjutnya tenaga gerak ini benar-benar gerak yang menjalankan mesin.

Apabila busi tidak menimbulkan percikan bunga api, maka sebagus dan sekuat apapun sebuah mesin tidak dapat berfungsi dan menghasilkan gerak. Demikian juga kalau sukacita, semangat hidup dan keceriaan sebagai “percikan bunga api” dari kehidupan hilang dari diri manusia, maka pada hakekatnya manusia itu tinggal menunggu kematian belaka. Sebab pada dasarnya manusia yang tidak kreatif, manusia yang pasif bukanlah manusia sebagaimana dikehendaki oleh Allah. Kesedihan dan kesesakan hidup kadang-kadang membuat orang yang mengalaminya menjadi lemah dan tidak bergairah hidupnya. Seringkali karena beban hidup yang menghimpit terus menerus, sukacita dan keceriaan hidup menjadi lenyap.

Amsal 18:14  mengatakan: “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?”  Oleh karena itu menjaga hati kita tetap gembira dan ceria menjadi sesuatu yang penting.  Memang kesedihan dan masalah selalu ada di sepanjang hidup kita, namun hal itu tidak boleh merenggut damai sejahtera dan sukacita yang Tuhan sudah anugerahkan kepada kita. “ … jangan kamu bersusah ati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!”  (Nehemia 8:11 b ).

( Gideon Anang Prakosa )

0 comments:

Post a Comment