WHAT'S NEW?
Loading...

Mengatasi Tantangan - Ilustrasi Khotbah Kristen

Bagi para penggemar elektronika atau orang-orang yang bergelut dengan alat-alat elektronika pasti mengenal benda yang disebut dengan resistor, sering disingkat dengan huruf “R”.  Resistor adalah salah satu komponen yang umumnya bebentuk tabung kecil dengan gelang-gelang warna dan memiliki dua kaki memanjang. Fungsi alat ini, sesuai dengan namanya adalah menghambat atau menahan arus listrik dalam suatu rangkaian. Dengan adanya resistor, maka arus listrik dalam rangkaian elektronika dapat diperkecil, dibagi, atau ditingkatkan. Apabila komponen ini rusak, atau bocor maka arus listrik akan mengalir tak terkendali, akibatnya komponen lain akan rusak, maka hancurlah rangkaian itu.

Dalam hidup ini kadang-kadang kita mengalami adanya hambatan-hambatan yang diijinkan Tuhan. Hal itu terjadi dengan maksud supaya iman kita dapat berfungsi dengan baik. Iman dapat menjadi aktif justru pada saat terjadi kendala dalam keseharian kita. Demikian juga di dalam bisnis, adanya kendala atau masalah merupakan tantangan yang dapat memacu produktifitas dan kreatifitas. Pemazmur mengatakan bahwa tertindas itu baik baginya, supaya ia belajar ketetapan-ketetapan Tuhan. Artinya, tekanan, hambatan atau kendala yang kita hadapi sehari-hari sebenarnya merupakan kesempatan bagi kita untuk berubah dan menjadi lebih baik. Proses belajar pada prinsipnya adalah try, try and try again (coba, coba dan coba lagi).

Kita bisa saja, bahkan mungkin sering mengalami hambatan, namun secara garis besar rencana Tuhan tetap akan dinyatakan dalam hidup kita. Yang Tuhan kehendaki adalah respon atau tanggapan kita dalam mengatasi tantangan itu. Kalau seseorang menyerah, maka ia tidak akan menerima apa-apa. Sebaliknya kalau seseorang mampu mengatasi hambatan dalam hidupnya, ia akan keluar sebagai orang yang sukses.

( Gideon Anang Prakosa )

0 comments:

Post a Comment