WHAT'S NEW?
Loading...

Hidup Yang Menjadi Berkat - Ilustrasi Khotbah Kristen

Ada dua buah benda yang bentuknya mirip, bahkan sekilas bagian-bagian dari benda itu memiliki kesamaan. Masing-masing memiliki baling-baling yang dapat berputar, dan juga memiliki batang penyangga. Kipas angin dan kincir angin, dua benda yang mirip. Yang membedakan adalah cara kerjanya. Kipas angin berputar untuk menghasilkan angin, sedangkan kincir angin berputar karena ada angin yang berhembus kencang dan menggerakkannya.

Ini adalah tipe dari orang percaya. Beberapa orang bertindak seperti kipas angin. Ada suatu power yang keluar dan dapat menyejukkan, menyegarkan bagi orang lain. Mungkin itu berupa ucapan yang membangun, menasehati dan menghibur, atau tindakan dan perhatian yang disalurkan bagi orang lain yang sangat membutuhkan. Ia bergerak dan bertindak, sehingga orang-orang di sekitarnya memperoleh  pengaruh yang baik. Orang yang hidupnya dipenuhi kasih Allah memiliki power yang dapat menggerakkan hatinya untuk bertindak dan menjadi berkat bagi sesamanya.

Sedangkan tipe kincir angin adalah orang yang selalu menunggu adanya dorongan dari orang lain, baru kemudian bergerak atau melakukan suatu tindakan. Tidak ada inisiatif atau suatu keinginan untuk bergerak. Orang-orang semacam ini adalah pribadi yang “tidak memiliki hati”. Melakukan sesuatu berdasarkan kewajiban dan bukan karena adanya beban atau dorongan dari dalam. Saat ada orang lain bergerak atau berbuat sesuatu, ia akan segera melibatkan diri dalam tindakan yang sama. Ketika tidak ada orang yang melakukan sesuatu, orang ini pun diam dalam ketenangan. Jelaslah, kehidupan orang seperti ini tidak dapat menjadi berkat. Kalaupun kelihatan sibuk, ia hanya melakukan ”aksi tanpa isi.” 

( Gideon Anang Prakosa )

0 comments:

Post a Comment